Jenis-jenis Projector yang Sering Digunakan

Halo sobat Digital bagaimana kabarnya semoga dalam keadaan sehat dan baik-baik saja sebelum mimin ke pembahasan kali ini mimin mau tanya sama sobat digital Apakah Anda tahu proyektor itu apa? Proyektor berdasarkan keterangan para ahli merupakan sebuah perangkat yang bisa dikoneksikan dengan sistem optik, sumber cahaya, elektronik, maupun juga display. Tujuannya adalah untuk memproyeksikan gambar maupun juga video ke layar sehingga bisa membuatnya tampak lebih besar.

Artinya, proyektor merupakan sebuah alat bantu yang digunakan untuk menampilkan gambar maupun juga video yang berasal dari sumber. Biasanya proyektor lebih digunakan untuk kebutuhan presentasi  yang mana semua orang bisa dengan jelas melihat materi yang dipresentasikan melalui layar maupun dinding. Pemasangan di dinding memerlukan perhitungan yang tepat, maka dari itu sangat disarankan menggunakan jasa pasang projector profesional agar pemasangan tertata rapi.

Sejarah proyektor

Proyektor LCD pertama ditemukan oleh Ilmuwan bernama Gene Dolgrof dari New York. Beliau yang mengawali bekerja didalm kampus di tahun 1968 dan memiliki tujuan untuk memproduksi suatu video proyektor yang didalam idenya dia akan membuat suatu proyektor LCD yang lebih cerah daripad 3-CRT proyektor.

Dari idenya tersebut yaitu mempergunakan elemen yang disebut dengan cahaya katup untuk sebagai pengatur jumlah cahaya yang melalui itu. Setelah mencoba berbagai bahan, dia kemudian menggunakan kristal cair untuk mengatur cahaya pada tahun 1971. Dan ini membawanya sampai pada tahun 1984 untuk memperoleh “addressabel” dari layar kristal cair (LCD), yang ketika itulah ia membuat proyektor LCD pertama didunia.

1. proyektor LCD

Yang pertama adalah proyektor LCD proyektor yang satu ini temasuk ke dalam jenis yang paling modern di bandingkan dengan versi yang sebelumnya. Fungsinya adalah untuk (OHP) atau Overhead projector karena pada dasarnya data yang di tampilkan adalah tulisan yang tedapat di kertas bening

2. proyektor  LCOS

Yang ke Dua dalah proyektor LCOS Teknologi pada jenis proyektor ini menggunakan kelebihan dua teknologi yang telah hadir sebelumnya, yakni LCD dan DLP. Teknologi LCOS lebih cepat diproduksi dan ringan daripada LCD. Resolusi yang didapatkan juga lebih baik daripada LCD. Bahkan resolusi teknologi ini diperkirakan dapat mencapai QXVGA, yakni 2048×1536 pixel.Bagianda yang ingin memiliki proyektor berresolusi tinggi, proyektor LCOS adalah pilihan yang tepat

3. proyektor DIGITAL

Proyektor digital merupakan jenis proyektor yang cukup populer. Cara kerja proyektor ini  dipakai untuk mengkonversi data berupa gambar dengan langsung dari komputer ke suatu layar melewati sistem lensa. Proyektor digital memiliki peranan penting dalam pembentukan sistem home theater. Empat teknologi yang digunakan pada proyektor digital adalah, Intensitas tinggi CRT, LCD proyektor LCD memakai gerbang cahaya, Texas Instruments teknologi DLP. Proyektor ini mempunyai peranan yang sangat penting bagi seseorang yang berfokus melalui bisnins home theater. Setidaknya terdapat 4 macam teknologi yang dimilki oleh proyektor digital adalah proyektor LCD intensitas tinggi dari CRT teknologi DLP dan juga LCD proyektor 

4. proyektor DLP

Apakah anda pernah tau orang maupun instansi yang menggunakan proyektor DLP? DLP merupakan  singkatan dari Digital light processing  yang merupakan jenis proyektor yang takkalah canggih Pada jenis proyektor ini, suatu gambar dibuat oleh kaca kecil mikroskopis yang tersusun didalam suatu matrix di atas chip semikonduktor, dikenal dengan Digital Micromirror Device. Jumlah kaca sama dengan resolusi gambar yang diproyeksikan yakni: 800×600, 1024×768 dan 1280×720 matric adalah berupa ukuran DMD yang umum.

Di DLP, cahaya lebih dahulu akan mengenai sebuah Color Filter yang berbentuk roda. Kemudian warna yang didapatkan akan mengenai Digita Micromirror Devices (DMD), dari DMD ini selanjutnya cahaya akan diproyeksikan dengan cara dipantulkan ke layar.

5. proyektor CRT

Sama halnya denngan monitor CRT, proyektor CRT juga memiliki kepanjangan yang sama, yaitu katoda ray tube Proyektor CRT atau sering disebut juga dengan Katoda Ray Tube yang menggunakan proyektor kuno tabung gambar yang telah dipakai pada TV konvensional selama beberapa dekadde. Dengan jenis proyektor ini, tiga CRT, plus lensa pembesar, digunakan untuk menampilkan suatu gambar ke layar. Pada CRT digunakan untuk memproyeksikan warna utama yakni, merah, biru dan hijau. Adanya tiga tabung yang berbeda warna dalam proyektor CRT, menjadikan proyektor jenis ini lebih besar dan lebih berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *